Macam Macam Perangkat Jaringan

Macam macam perangkat jaringan dan fungsinya

Secara Umum perangkat jaringan dapat digolongkan sebagai :
  1. Router
  2. Bridge
  3. Switch
  4. Hub 
  5. Firewall
  6. Gateway
1. Router

Router digunakan untuk menghubungkan beberapa network. Router ini berada pada lapisan Network (model OSI) atau lapisan ke 3 dari bawah. Sebuah router memiliki kemampuan routing yang artinya router secara cerdas dan logis dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (packet) akan dibawa atau dilewatkan. Bisa ditunjukan untuk host lain yang satu network atau berbeda network. Jika packet packet ditunjukan atau dikirim ke network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket paket ditunjukan untuk host yang satu network maka router akan mencegah paket paket mengalir keluar. Sehingga paket-paket tersebut tidak membanjiri  network yang lain.

2. Bridge
Bridge adalah alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local arean Network) dengan jaringan LAN yang lain.Brodge juga bisa menghubungkan suatu host ke host yang lain.
Pada bridge tidak dikenal istilah subnet. Semua segmen yang dihubungkan oleh bridge akan dipandang sebagau sebuah subnet. Bridge juga tidak dapat membedakan network protocol address. Jadi apapun protokol yang digunakan akan dapat diloloskan oleh bridge. Brodge tidak mengenal alamat logika (seperti IP Address) tetapi bridge hanya bisa mengenali alamat fisik seperti MAC Address (Media Access Control).
Perlu diingat bahwa bridge hanya bisa menghubungkan 2 segmen saja. Jika kita ingin menghubungkan banyak segmen kita memerlukan multiport bridge (switch).

3. Switch 
Switch adalah sebuah perangkat keras yang terdapat pada jaringan komputer yang berfungsi sebagai alat penghubung antar komputer. Switch ini berada pada lapisan Data Link pada model OSI atau lapisan ke 2 dari bawah.
Cara kerja switch sebenarnya mirip dengan bridge, dan memang sebenarnya switch adalah bridge yang banyak memiliki port. Sehingga switch disebut juga sebagai multiport bridge. Switch berfungsi sebagai sentral atau konsentrator pada sebuah network.

4. Hub
hub
Hub mirip dengan switch yaitu sebagai konsentrator. Namun Hub tidak secerdas switch Jika informasi dikirim ke host target melalui hub maka informasi akan mengalir ke semua host. kondisi seperti ini biasanya menyebabkan beban trafik yang tinggi. Oleh karena itu hub digunakan untuk jaringan skala kecil saja.Hub disebut juga sebagai multiport repeater.

5. Firewall

Firewall berfungsi untuk mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir di jaringan komputer.

6. Gateway

Gateway merupakan sebuah perangkat dalam komputer yang difungsikan untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer dengan satu jaringan komputer yang lain atau lebih yang menggunakan protocol informasi yang tidak sama. Pasti ada yang tau kalo gateway juga merupakan sebuah ip untuk menghubungkan dan mengontrol router.

Terimakasih karena telah mengunjungi blog osenbal. Bila ada kesalahan pada materi mohon dimaafkan dan beritahu saya dikolom komentar.

1 Response to "Macam Macam Perangkat Jaringan "

  1. Jadi bridge dan switch itu fungsinya sama ya hu?

    ReplyDelete

Pesan Untuk Komentator

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel