Pengertian Jaringan Komputer (Computer Network)

Jaringan komputer itu apa sih ?

Nah kalian pasti sudah tau kan apa itu internet (interconnection network). Pastinya sudah dong. Bagi yang belum tahu simak penjelasan berikut :
Internet adalah seluruh jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia yang menggunakan protokol TCP (Transmission Control Protocol).
jaringan
Picture From :https://www.inspiredtechs.com.au
Jadi apa itu jaringan komputer ?
Jaringan Komputer adalah dua komputer atau lebih yang saling terhubung dan dapat berkomunikasi dan bisa saling berbagi data. 

Jaringan komputer sekarang ada yang sudah menggunakan wireless(nircable) dan ada juga yang menggunakan kabel. Untuk membuat jaringan menggunakan kabel anda bisa menggunakan kabel coaxial, fiber optic, kabel utp, kabel stp dan lain lain. Sementara itu jalur jaringan wireless termasuk jaringan komputer yang menggunakan koneksi data wireless untuk menghubungkan titik akhir. Titik akhir ini termasuk radio siaran, radio seluler,  dan satelit.

Jenis Jenis Jaringan Komputer:
1. PAN (Personal Area Network)
Biasanya hanya digunakan pada jaringan skala sangat kecil. Jaringan jenis ini biasanya digunakan untuk mentrasfer data perangkat pribadi. Seperti kalian menghubungkan laptop kalian dengan handphone kalian dan memindahkan data dari laptop ke handphone atau sebaliknya.

2. LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer dengan jangkauan terbatas. LAN biasanya jangkauannya +-10 KM (Kilometer) saja. LAN ini khusus untuk membuat jaringan dengan skala kecil seperti di sekolah, rumah, labolatorium.
LAN biasanya sebagian besar mengandalkan koneksi kabel untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan, namun koneksi wireless juga dapat menjadi bagian dari LAN. kecepatan tinggi dan biaya yang relatif rendah merupakan karakteristik jaringan jenis LAN.
Jika LAN, sepenuhnya menggunakan teknologi wireless, maka jenis jaringan ini disebut sebagai WLAN (Wireless Local Area Network).

2. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan pengguna atau komputer dalam suatu daerah geografis atau area yang lebih besar dari kumpulan LAN.
Jaringan jenis ini dapat mencakup area mulai dari beberapa mil hingga puluhan mil. MAN sering digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN untuk membentuk jaringan yang lebih luas.

3. WAN (Wiede Area Network)
WANmerupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. (Source: Wikipedia.com)

4. Internet
Internet adalah jaringan komputer yang sangat luas saat ini dan mencakup global.


0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer (Computer Network)"

Post a Comment

Pesan Untuk Komentator

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel