Sejarah Singkat Internet

Seluk Beluk Internet

Istilah internet berasal dari kata internetworking. Internetworking sendiri bisa diartikan sebagai network dari network, yang berarti kumpulan dari jaringan-jaringan yang menghubungkan komputer dari sistem yang berbeda-beda.

Jadi secara singkat, bahwa internet adalah kumpulan berbagai macam sistem jaringan komputer di dunia yang terkoneksi satu sama lain dan dapat berkomunikasi satu sama lain.

Sejarahnya, internet lahir pada era 60-an atau tepatnya pada tahun 1969. Internet berawal dari proyek riset yang disponsori DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency). Riset ini bertujuan untuk mengembangkan suatu jaringan komputer yang :
1. Bekerja secara transparan, melalui bermacam-macam jaringan komunikasi data yang terhubung satu dengan yang lainnya.
2. Tahan dari berbagai gangguan (dari alam maupun dari manusia).

Pengembangan dari ARPA berhasil melahirkan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network). Jadi ARPANET dapat dikatakan bahwa sebagai jaringan komputer pertama di dunia.

ARPANET dibangun pada akhir tahun 1969 dan awal tahun 1970. Pada saat itu, Universitas UCLA menjadi node atau titik pertama pada jaringan ARPANET. Sedangkan node ke dua adalah Universitas Standford. Perangkat yang digunakan untuk menguhubungkan kedua node tersebut disebut IMP (Interface Message Processor). Untuk menghubungkan kedua Universitas tersebut digunakan saluran telepon yang dibangun oleh AT&T.
mesin IMP
Gambar : Mesin IMP pertama yang ada di UCLA

Tahun 1972, ARPANET didemonstrasikan di depan peserta the First International Converence on Computer Communication dengan menghubungkan 40 node. kemudian pada tahun 1990, ARPANET diubah namanya menjadi internet.

Sejarah Singkat Perkembangan ARPANET hingga kemunculan Internet

  • Tahun 1957, DoD membentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency).
  • Tahun 1969, ARPANET terbentuk.
  • Tahun 1970, ARPANET menghubungkan UCLA, UCSB, U-Utab & Stanford.
  • Tahun 1973, ARPANET menghubungkan Universitas College London dan Royal University Norway.
  • Tahun 1982, model jaringan internet mulai dikembangkan.
  • Tahun 1990, ARPANET kemudian dikenal dengan Internet.

1 Response to "Sejarah Singkat Internet "

  1. I am thankful to you for sharing this plethora of useful information. I found this resource utmost beneficial for me. Thanks a lot for hard work. https://192-168-i-i.com/

    ReplyDelete

Pesan Untuk Komentator

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel